Pengertian kapal dapat didefinisikan sebagai “a ship
is a floating vessel which is self propelled an capable of carrying cargo or
passenger” (The Marine Encyclopaedic Dictionary by Eric Sullivan) dimana
dapat kita ambil pengertian yaitu kapal adalah sarana angkutan terapung di air
yang dapat bergerak/berpindah sendiri dari satu tempat ke tempat lain dan mampu
mengangkut atau memindahkan muatan/barang atau penumpang.
Dalam perencanaan suatu kapal penentuan tipe atau jenis kapal merupakan hal yang paling
utama, karena kapal yang akan
dibangun dapat didesain sesuai dengan kriteria tertentu baik dari
segi konstruksi, stabilitas, jenis muatan, maupun dari segi ekonominya.
Tipe atau jenis kapal dapat ditinjau dari fungsi dan
tujuannya, jenis muatannya, daerah pelayarannya, jenis tenaga penggeraknnya dan
tipe bangunan atasnya.
Secara
umum penggolongan kapal dapat dibedakan menjadi
1.
Ditinjau dari Fungsi
dan Tujuannya
a. Kapal industri
Tujuan
pembangunan kapal indusri sendiri adalah memberi pelayanan jasa kepada pengguna
dimana di atas kapal dapat menghasilkan produk barang atau jasa yang notabenenya kegiatan tersebut dilakukan
di atas laut. Seperti kapal penangkap ikan, kapal pesiar, kapal riset, dll.
Kapal penangkap ikan sekarang ini sudah berkembang dimana
bentuk kostruksinya sudah beragam, bahkan jenis material yang digunakan bukan
hanya dari material kayu tapi juga sudah ada dari baja dan fiber.
Gambar 1. Kapal ikan menggunakan material dari fiber.
Gambar
2. Kapal penangkap ikan dari material baja.
Gambar 3. Kapal penangkap ikan dari material kayu
Kapal pesiar (cruise
ship) adalah adalah kapal penumpang
yang dipakai untuk pelayaran pesiar. Penumpang menaiki kapal pesiar untuk
menikmati waktu yang dihabiskan di atas kapal yang dilengkapi fasilitas
penginapan dan perlengkapan bagaikan hotel
berbintang. Sebagian kapal pesiar memiliki rute pelayaran yang selalu kembali
ke pelabuhan asal keberangkatan. Lama pelayaran pesiar bisa berbeda-beda, mulai
dari beberapa hari sampai sekitar tiga bulan tidak kembali ke pelabuhan asal
keberangkatan.
Gambar 4. Kapal pesiar
Kapal riset pada umumnya digunakan untuk riset dan
penelitian yang berhubungan dengan kelautan. Seperti penelitian gempa bawah
laut, pencemaran air laut. Kapal riset bukan hanya terpung di laut namun sudah
ada konstruksi seperti kapal selam untuk penelitian di bawah laut.
Gambar 5. Kapal
riset Okeanos Explorer dari Amerika Serikat
b. Kapal services
Adalah
kapal yang tujuan pembangunannya menawarkan jasa pada kapal lain seperti:
Kapal
tunda (tugboat) adalah kapal
yang dapat digunakan untuk melakukan maneuver/pergerakan, utamanya menarik atau
mendorong kapal lainnya di pelabuhan,
laut lepas atau melalui sungai atau terusan. Kapal tunda digunakan pula untuk
menarik tongkang, kapal rusak, dan peralatan lainnya.
Gambar 6. Tugboat
Kapla
pandu (pilot boat) adalah
kapal
yang memandu kapal besar masuk kedalam pelabuhan
melalui alur yang berbahaya dan ramai sampai sandar di dermaga.
tujuannya tak lain adalah demi keselamatan pelayaran.
Gambar 7. Kapal pandu
c. Kapal supply adalah kapal yang memberikan jasa dengan
menyupplay barang kebutuhan makanan ABK ataupun peralatan dan perlengkapan
kapal, offshore dll.
Gmbar 8. Kapal supply
Kapal
pemadam kebakaran dibangun dengan tujuan memberikan pertolongan kepada kapal
yang mengalami kecelakaan kebakaran.
Gambar 9. Kapal pemadam kebakaran
Banyak gangguan keamanan di perairan yang harus
dicegah, termasuk adanya serangan dari negeri-negeri lain adalah tujuan pembangunan kapal perang.
Gambar 10. Kapal perang KRI. Diponegoro
d. Kapal niaga
Kapal niaga (comercil ship) adalah kapal yang
dibangun dengan tujuan di bidang perdagangan barang dan penyedian jasa
(angkutan penumpang). Contohnya kapal barang, kapal penumpang, dsb.
2.
Ditinjau dari Jenis
Muatannya
a. Kapal barang atau kapal kargo adalah segala
jenis kapal
yang membawa barang-barang dan muatan
dari suatu pelabuhan ke pelabuhan lainnya.
Kapal kargo pada umumnya didesain khusus untuk tugasnya, dilengkapi dengan crane
dan mekanisme lainnya untuk bongkar muat, serta dibuat dalam beberapa ukuran. Contohnya kapal general cargo, kapal peti kemas (container)
Gambar 11.
Kapal General cargo
Gambar 12.
Kapal peti kemas
b. Kapal penumpang
Kapal penumpang adalah kapal yang
digunakan untuk angkutan penumpang. Untuk meningkatkan effisiensi atau melayani
keperluan yang lebih luas. Kapal
penumpang dapat berupa kapal Ro-Ro, ataupun untuk
perjalanan pendek terjadwal dalam bentuk kapal feri.
Gambar 13. Kapal penumpang
Gambar 14. Kapal ferri
Gambar15. Kapal ro-ro
c. Kapal muatan curah
Kapal
muatan curah atau bulk carrier adalah
kapal yang dibangun khusus untuk mengangkut muatan
curah (tidak menggunakan wadah/pembungkus) yang dikapalkan sekaligus dalam
jumlah besar dan cara memuatnya dengan jalan mencurahkan muatan ke dalam kapal. Seperti kapal ore carrier, kapal tangker, dsb.
Gambar 16.
Kapal ore carrier
Gambar 17.
Kapal tangker
d. Kapal khusus
Kapal khusus adalah kapal yang secara khusus memuat
muatan tertentu saja, diamana bentuk konstruksinya disesuaikan dengan barang
muatannya. Seperti kapal ternak, kapal LNG, dsb.
Gambar 18. Kapal ternak
Gambar 19. Kapal Liquefied natural gas
Kapal Keruk (dredger)
Fungsinya
adalah memperdalam kolam pelabuhan, alur pelayaran, sungai dan lain-lainnya dan
juga menyediakan tanah untuk reklamasi rawa-rawa (untuk perluasan daerah
menjadi daratan). Pemakaian type-type keruk tergantung dari jenis tanah galian.
Gambar
20 Kapal keruk
3.
Ditinjau dari
Daerah Pelayarannya
(a). Kapal samudera
Kapal samudera adalah kapal yang daerah pelayarannya di
perairan laut lepas atau digunakan untuk perdagangan antara negara. Kapal
samuderai ini di desaian konstruksinya mampu melewati berbagai macam perairan
karena setiap negara berbeda-beda tingkat ke extriman perairannya. Contohnya
kapal penumpang, kapal barang, dll.
(b). Kapal pantai
Kapal pantai adalah kapal yang daerah perairannya di
perairan dangkal atau disekitar pantai. Umumnya kapal jenis ini berukuran
kecil. Seperti kapal penangkap ikan.
(c). Kapal sungai dan danau/penyeberangan
Kapal
penyeberangan adalah kapal yang secara khusus untuk melayani penyeberangan
antar pulau. Kapal jenis ini daerah pelayarannya di sungai atau danau. Seperti kapal
ferry, kapal roro.
4. Ditinjau dari Jenis
tenaga penggeraknya
(a) Kapal motor
Kapal motor (motor
vessel)
yaitu tipe kapal yang menggunakan motor sebagai
tenaga penggeraknya dan dipasang secara permanen di dalam kapal. Seperti kapal barang, kapal penumpang, dll
(b) Kapal uap
Kapal
uap (Steam ships) adalah tipe kapal yang menggunakan mesin turbin sebagai
tenaga penggeraknya. Tenaga uap yang dihasilkan dari mesin turbin menggunakan
batu bara sebagai bahan bakarnya.
Gambar 3.1. Kapal uap
(c) Kapal layar
Kapal layar adalah kapal yang menggunakan layar dengan
bantuan angin sebagai tenaga pendorongnya/penggerak utama kapal.
Gambar 3.2. Kapal layar
(d) Kapal water ejet
Kapal water jet adalah kapal dimana daya
dorong kapal dihasilkan oleh pancaran air (water jet). Air laut
dihisap dengan menggunakan pompa (pompa sentrifugal atau pompa aksial),
kemudian dipancarkan melalui propulsor (berbentuk nosel) dengan
kecepatan tinggi. Daya pompa diperoleh dari mesin penggerak yang dapat
berupa motor diesel atau sistem turbin gas.
Gambar 22. Kapal water jet
5.
Ditinjau dari
Material yang Digunakan dalam Pembangunannya
(a) Kapal kayu
Kapal
kayu adalah kapal yang menggunakan kayu sebagai material utama. Pada umumnya
kapal kayu di Indonesia di dominasi oleh kapal ikan.
Gambar 23. Kapal dengan material kayu
(b) Kapal baja
Kapal
baja adalah kapal yang konstruksinya menggunakan material baja. Pada
umumnya kapal baja selalu menggunakan sistem konstruksi las. Keuntungan sistem las
adalah bahwa pembuatan kapal menjadi lebih cepat jika dibandingkan dengan
konstruksi keeling. Material baja
banyak dugunakan karena siafat baja yang bisa bertahan di kondisi extrim jika
dibandingkan dengan material lainnya. Material baja pada kapal lebih mudah direparasi
jika mengalami kerusakan. Misalnya kapal penumpang, kapal barang, dll.
(c) Kapal fiberglass
Kapal fiberglass adalah kapal yang
seluruh kontruksi badan kapal dibuat dari fiberglass. Keuntungan menggukan fiberglass adalah karena material
ringan. Namun hanya cocok digunakan pada pelayaran pantai.
Gambar 24.
Kapal fiberglass
(d) Kapal ferro cement
Kapal ferro cement adalah kapal yang
dibuat dari bahan semen yang diperkuat dengan baja sebagai tulang-tulangnya. Meski biaya pembangunannya murah dan mudah namun kapal
dengam material semen ini kurang banyak diminati, karena materialnya berat.
Gambar 25. Kapal ferro cement
6.
Ditinjau dari tipe bangunan atasnya
Ditinjau dari
tipe bangunan atasnya, tipe kapal dapat dibedakan sebagai berikut :
(a)Three
island vessel (kapal tiga pulau)
Yaitu
kapal yang mempunyai tiga bangunan atas, terdiri dari akil (forecastle),
anjungan
(bridge) dan kimbul (poop).
(b) Well
decker (kapal geladak sumur)
Yaitu
kapal yang memiliki dua bangunan atas yang terletak dibagian depan dan
belakang kapal sehingga bagian tengah kapal
terlihat lebih rendah menyerupai
sumur.
(c) Open
shelter decker (kapal geladak lindung terbuka)
Yaitu
kapal dengan bangunan atas menyeluruh sepanjang kapal yang mempunyai
lubang
bukaan pada geladak pertama yang tidak kedap. Kapal yang menggunakan
bangunan
atas tipe ini bertujuan untuk memperkecil perhitungan tonase kapal.
(d) Close
shelter decker (kapal geladak lindung tertutup)
Yaitu
kapal dengan bangunan atas menyeluruh sepanjang kapal.
(e) Free
deck vessel
Yaitu
kapal dengan bangunan atas sama dengan tipe open shelter deck.
Menjual berbagai macam jenis Chemical untuk cooling tower chiller dan waste water treatment,STP oli industri defoamer anti busa ,anti kerak dll.untuk info lebih lanjut tentang produk ini bisa menghubungi saya di email tommy.transcal@gmail.com
BalasHapusWA=081310849918
Terima kasih
Terima kasih atas infonya
BalasHapusJangan lupa kunjungi website kami di http://www.ppns.ac.id dan azrielhnovaldi.wordpress.com
Apabila Anda mempunyai kesulitan dalam pemakaian / penggunaan chemical , atau yang berhubungan dengan chemical,oli industri, jangan sungkan untuk menghubungi, kami akan memberikan konsultasi kepada Anda mengenai masalah yang berhubungan dengan chemical.
BalasHapusSalam,
(Tommy.k)
WA:081310849918
Email: Tommy.transcal@gmail.com
Management
OUR SERVICE
Boiler Chemical Cleaning
Cooling tower Chemical Cleaning
Chiller Chemical Cleaning
AHU, Condensor Chemical Cleaning
Chemical Maintenance
Waste Water Treatment Plant Industrial & Domestic (WTP/WWTP/STP)
Degreaser & Floor Cleaner Plant
Oli industri
Rust remover
Coal & feul oil additive
Cleaning Chemical
Lubricant
Other Chemical
RO Chemical
terima kasih
BalasHapusmacam macam aksesori jangkar kapal, kunjungi:
BalasHapushttp://velascoindonesia.com/aksesoris-jangkar/
Salam hangat
velascoindonesia[dot]com
Ronaldo Kembali Ke Italia ? Simak Beritanya disini!!!
BalasHapusTeori yang sangat berguna seputar bangunan kapal.
BalasHapussalam,
www.velascoindonesia.com